MANAJEMEN PENERBITAN MEDIA CETAK

1. Pengertian Manajemen Berasal dari Bahasa Inggris Management dan Italia manaj (iare) berarti memimpin, membimbing dan mengatur. Manajemen terdiri atas POAC (planning, Organizing, Acting,Controling. Planning: penetapan tujuan, penetapan aturan, penyusunan rencana. Organizing: pembentukan bagian-bagian, pembagian tugas,pengelompokan pegawai. Acting: melaksanakan tugas, memproduksi, mengemas produk, menjual produk dan selanjutnya. Controling: melihat pelaksanaan tugas, menyeleksi produk, mengevaluasi penjualan. a. Manajemen yang Sehat:

  • Peluang usaha
  • Kemampuan Sumberdaya Manusia
  • Perhitungan Modal
  • Unsur-Unsur Depresiasi lain di Perusahaan.

2. Pengertian Pers Penerbitan pers cetak adalah: persurat kabaran yaitu lembaga mengelola informasi terdiri dari fakta dan opini yang disajikan kepada masyarakat sebagai salah satu komoditi. Pers secara melembaga dapat dikelola secara organisasi, punya tata laksana, dan tata administrasi.

  • Medianya: suratkabar,majalah,dan telvisi dalam menyampaikan informasi. Cara penyampaian berbeda.
  • Isinya: surat kabar menjual kolom dan iklan, televisi menjual waktu yang diisi program dan sponsor.
  • SDMnya: pekerja pers (redaktur,wartawan, fotografer,disainer,kartunis dan printer).

Manusia Butuh Media Massa

  • Mengetahui apa yang penting dan perlu
  • Membantu mengambil Keputusan
  • Memperoleh informasi
  • Memberikan perasaan ikut serta dalam kejadian
  • memberikan penguatan atas pendapat
  • mencari konfirmasi
  • memperoleh rileksasi dan hiburan

Pengusaha Penerbitan Pers Harus Memperhatikan:

  • Keinginan kastemer (Pembaca)
  • Kecendrungan Perubahan sosial
  • Kiat-kiat kompetitor
  • Mengamati perubahan teknologi, ekonomi, politik dan sosial

LANGKAH EFEKTIF DALAM PENATAAN ULANG PROSES BISNIS PENERBITAN PERS

  1. Memulai dari TOP Management
  2. Merapatkan barisan pelaksana tingkat middle management.
  3. Membentuk tim evaluasi pengembangan usaha yg terdiri dari :
  1. Manajemen tingkat menengah
  2. Manajemen kebawah
  3. Tim khusus

PENDAPATAN PENERBITAN PERS

  1. Menjual Produk
  • Penjualan tetap (langganan)
  • Penjualan tidak tetap(retail/eceran)
  • Penjualan secara barter (tukar barang)

– Menjual Kolom – Menjual Jasa Terdapat pula susunan management dalam pers, yaitu:

  • Top Manager (Pimpinan Umum): Orang pertama dalam suatu perusahaan Penerbitan Pers, mengendalikan perusahaan mulai dari bidang redaksional hingga bidang usaha.
  • Pemimpin Redaksi: Orang pertama yang bertanggung jawab atas semua isi penerbitan pers
  • Sekretaris Redaksi: Pembantu pimred dalam hal administrasi redaksional
  • Redaktur Pelaksana: Jabatan yang dibentuk untuk membantu pimred dalam redaksional, terutama dalam hal mengumpulkan berita, halaman, tanggapan atau komentar dari masyarakat
  • Redaktur: Bertanggung jawab atas isi, halaman surat kabar dan proses berita di Televisi.
  • Wartawan: Orang yg bertugas mencari,mengumpulkan dan mengolah informasi menjadi berita.

Kuliah Manajemen Media Massa: husnun1959@gmail.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s