MEDIA MASSA

Media Massa berasal dari bahasa Inggris yaitu mass yang berarti kelompok atau kumpulan. Sehingga, pengertian media massa adalah perantara atau alat-alat yang digunakan oleh massa dalam hubungannya  satu sama lain (Soehadi, 1978:38). Alat-alat yang dimaksudkan dalam media maasa yaitu seperti suratkabar, majalah, radio, televisi, dan film sebagai The Big Five of Mass Media (Lima Besar Media Massa), juga internet (cybermedia, media online).

Adapun terdapat jenis dari media massa, yaitu:

  1. Media Cetak (Printed Media)

Media cetak adalah media massa yang dicetak dalam lembaran kertas.

Dari segi formatnya dan ukuran kertas, media massa cetak secara rinci meliputi:

  1. Koran atau suratkabar (ukuran kertas broadsheet 7 kolom),
  2. Tabloid (1/2 broadsheet),
  3. Majalah (1/2 tabloid atau kertas ukuran folio/kwarto),
  4. Buku (1/2 majalah),
  5. Newsletter (folio/kwarto, jumlah halaman lazimnya 4-8),
  6. Buletin (1/2 majalah, jumlah halaman lazimnya 4-8).

Isi media massa umumnya terbagi tiga bagian atau tiga jenis tulisan: berita, opini, dan feature.

  1. Media Massa Elektronik (Electronic Media)

Jenis media massa yang isinya disebarluaskan melalui suara atau gambar dan suara dengan menggunakan teknologi elektro, seperti radio, televisi, dan film.

  1. Media Online (Online Media, Cybermedia)

yakni media massa yang dapat kita temukan di internet (situs web).

Peran Media Massa oleh Denis McQuail:

  1. Industri pencipta lapangan kerja, barang, dan jasa serta menghidupkan industri lain utamanya dalam periklanan/promosi.
  2. Sumber kekuatan –alat kontrol, manajemen, dan inovasi masyarakat.
  3. Lokasi (forum) untuk menampilkan peristiwa masyarakat.
  4. Wahana pengembangan kebudayaan –tatacara, mode, gaya hidup, dan norma.
  5. Sumber dominan pencipta citra individu, kelompok, dan masyarakat.

Adapun terdapat SIUPP : Surat Ijin Usaha Penerbitan Pers.

Media massa terdapat beberapa kategori yang dapat diuraikan sebagai berikut:

  1. Publisitas : Disebarluaskan kepada publik, khalayak, atau orang banyak.
  2. Universalitas : Pesannya bersifat umum, tentang segala aspek kehidupan dan semua peristiwa di berbagai tempat, juga menyangkut kepentingan umum karena sasaran dan pendengarnya orang banyak (masyarakat umum).
  3. Periodisitas : Tetap atau berkala, misalnya harian atau mingguan, atau siaran sekian jam per hari.
  4. Kontinuitas : Berkesinambungan atau terus-menerus sesuai dengan priode mengudara atau jadwal terbit.
  5. Aktualitas : Berisi hal-hal baru, seperti informasi atau laporan peristiwa terbaru, tips baru, dan sebagainya. Aktualitas juga berarti kecepatan penyampaian informasi kepada publik.

Untuk lebih spesifik mengetahui mengenai tentang media massa, terdapat fungsi dari media massa yaitu:

  1. Fungsi media massa sejalan dengan fungsi komunikasi massa seperti yang disampaikan Harold D. Laswell, yaitu:
  • Informasi (to inform)
  • Mendidik (to educate)
  • Menghibur (to entertain)
  1. Fungsi Media Menurut UU No. 40/1999 tentang Pers:
  • Menginformasikan (to inform)
  • Mendidik (to educate)
  • Menghibur (to entertain)
  • Pengawasan Sosial (social control) –pengawas perilaku publik dan penguasa.

Kuliah Manajemen Media Massa: husnun1959@gmail.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s